Sunday, October 20, 2013

3 Cara Gampang Mengalahkan Rusuhnya Pagi

Pernah engga sih lo udah siap berangkat ternyata kunci kendaraan engga tau dimana dan ngebuat lo cari-cari sampai lo telat?

Gue pernah, sering bahkan. Dulu rasanya kalo pagi itu hectic banget, ada aja yang ketinggalan atau kelupaan, ada aja masalah baru di pagi hari. Tapi itu dulu. Sebelum Star Wars dibeli Disney. Semenjak gue nemuin trik-trik kecil yang ngebantu gue ngelahin hecticnya pagi,

1. Atur baju lo berdasarkan warna
Kadang, yang paling makan waktu di pagi hari itu masalah mau pake baju apa. Kalo misalkan lo ngatur baju lo berdasarkan warna, maka semakin cepat pemilihan baju lo. Engga kayak pemilihan gubernur yang ribet.



Kalo gue, gue ngurutin bajunya kayak warna pelangi, aka MeJiKuHiBiNiU ditambah dengan baju-baju warna hitam dan putih di tumpukan paling bawah. Dengan pengaturan kayak gini, selain gue tau di bagian mana baju warna biru misalkan, ini ngurangin juga gue make baju-baju dengan warna yang cukup sering gue pake (hitam dan putih)

2. Selalu letakan barang-barang terpenting di satu spot
Gue dapet trik ini dari salah satu film yang dimainin Samuel L. Jackson, Cleaner. Ada sebuah scene dimana sebelum ganti baju sehabis kerja, dia naro semua barangnya di spot khusus di atas meja. Gue langsung refleks bilang "Seems legit!" karena ini bisa jadi solusi dari pagi gue yang suka cari-cari dompet, hp atau kunci gue.

Spot kecil ini bisa di mana aja, di laci pertama meja belajar lo misalkan. Yang penting engga diubah-ubah. Mungkin supaya lo inget sebelum keluar kamar lo bisa taro di deket pintu. Kalo gue sih gue taro di semacem baskom kecil transparan (yang gue lupa gue bisa dapet itu darimana). Tujuannya biar lebih eye catching dan semakin gampang untuk diinget "Udah ngecek baskom belom ya?"



3. Percaya pada lo-versi-malam-sebelumnya
Dari hasil semedi di bawah pohon rindang selama 7 hari 2 malam, gue bisa mendapat kesimpulan bahwa salah satu yang bikin ada aja yang ketinggalan adalah munculnya masalah-masalah baru di pagi hari. Pasti ada kan hari yang tau-tau dapet sms dari temen, "Bro, nyontek tugas dong!" padahal lo ga tau ada tugas? Pikiran lo langsung terisi dengan tugas baru yang belom lo bikin ini sehingga lo jadi lupa masukin tugas 4-lembar-folio yang udh dikerjain semaleman.



Terkadang 'masalah baru di pagi hari' bukanlah sesuatu yang bisa dihindari, maka yang bisa dicegah adanya lupanya task yang ditunda dari semalem.

Sederhananya gini, dari malem lo udah tau pengen ngelaundry jeans lo yang udah sebulan ga dicuci. Karena udah ngantuk, lo pikir "ah, besok pagi aja deh masukin jeans ke tasnya.". Pas pagi lo dapet kabar bahwa cewek yang lo PDKT-in udah diembat sama cowok lain. Lo jadi lupa untuk sarapan, pake celana dalem, dan lupa untuk bawa jeans ke tempat laundry. Alhasil, jeans tidak dicuci selama 6 bulan ke depan.

Karena itu, biasakan untuk nyiapin segala sesuatu yang bisa disiapin dari malamnya. Sehingga kalaupun ada masalah baru di pagi hari yang harus dikerjain, lo engga akan lupa sama tugas-tugas / kerjaan dari malam sebelumnya.

Saat muncul pertanyaan, "eh ada lagi yang kelupaan engga ya?", lo bisa dengan gampang menjawab "udah, percaya aja sama gue-versi-malam-sebelumnya."

Sunday, October 13, 2013

Teknik PDKT Sesuai Profesi

"Ted Mosby, Architect." - Barney Stinson

itu adalah salah satu dialog di sitcom How I Met Your Mother dimana salah satu pemerannya, Barney, pake identitas temen baiknya, Ted Mosby, untuk nunjukin kalo profesi itu bisa dimanfaatin untuk PDKT sama cewek.

Beberapa profesi yang menurut gue bisa memanfaatkan profesinya dan beberapa ide untuk date yang bisa dilakuin :

1. Guru
Siapa sih yang engga mau sama pahlawan walaupun tanda jasanya hilang?

Korban : Kerjaan kamu apa?
Guru : Ya, menyiram benih-benih bangsa dengan air pengetahuan


Educator Van Wagner talks about the history of coal dredgers on the Susquehanna River as part of the 2012 Iron Heritage Festival in Danville, Pennsylvania.


Ya, dengan sedikit lebay, lo bisa bikin kayaknya pekerjaan lo sebagai guru adalah pekerjaan sangat mulia, menawan, dan macho di saat yang bersamaan.

Salah satu ide date yang bisa lo pake sebagai seorang guru, adalah untuk bersama menjadi pengawas ujian. Pasti si doi mau banget tuh pengalaman jadi pengawas jahat yang membuat semua murid grogi karena dapet tatapan sinis setiap gerak dikit. Ngedate itu yang seru-seru aja, ga usah sok romantis terus dan namanya pengawas ujian, bisa jadi pengalaman unik. Gue inget cerita salah satu tutor yang suka pura-pura nulis nama mahasiswa yang nengok-nengok dikit. Mahasiswanya jadi panik dan salting banget sepanjang ujian.


The Good Ones, be part of them!