Sunday, July 14, 2013

Kevin's Ultimate Guide to Milih Kostan

HAI! Cie, kemaren pada keterima SBMPTN yah? Buat kamu yang keterima di tempat impian, selamat ya! Emang hidup lebih indah kalo berhasil mewujudkan mimpi bukan? Buat yang engga dapet, meh. Tough luck, kid. Yea engga deng. Tenang, kayak gituan mah palingan cuman beda usaha aja. Selalu inget bahwa di mana pun lo kuliah, yang penting kuliahnya bener. Jangan termakan sama nama besar suatu universitas atau institusi pendidikan, yang penting lo bisa bikin tempat lo kuliah itu jadi besar karena nama lo.

NAH, eniweis.. kalau lo dapet kuliah di kota yang agak jauh dari tempat lo tinggal, ya lo bakalan butuh ngekost. Selama 1 tahun ini, gue udah agak nomaden dan pindah-pindah sampe 3 kali (termasuk yang sekarang) karena cari kostan yang sempurna buat gue. Yang pertama pindah sih karena tau-tau gue harus telfon nyokap gue dan bilang, "Ma, they found a dead body in my place." Beberapa hari sebelumnya emang gue pikir bau kostannya agak aneh, cuman gue pikir 'Ah, kampret. Yang jaga kost kenapa mager bersihin kostannya deh.' Imagine the surprise tau-tau banyak mobil polisi di depan kostan gue sepulang dari kampus.  Malemnya gue nginep di rumahnya si Estu. Nyokap gue agak protektif nyuruh gue langsung pindah (maksimal 2 hari setelah) hari itu juga, alhasil gue dapet kostan yang agak seadanya karena terburu-buru. Setelah 6 bulan akhirnya gue pindah ke kostan gue yang sekarang (baru 2 minggu yang lalu) yang menurut gue oke pisan. Dari pengalaman gue selama setahun ini ngekost dan pindah-pindah, akhirnya gue bisa merumuskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam suatu hunting kostan, semoga berguna yah!





1. Lokasi

Lebih baik kalo milih kost, cari yang kayak perbandingan muka gue dan Ryan Gosling, dekat. Bakalan ada momen-momen dimana lo harus pulang super malem atau bahkan super subuh, terutama bagi lo yang engga bawa kendaraan sendiri seperti bajaj pribadi, bakalan susahnya minta ampun buat cari kendaraan umum (atau bahkan udah ga lewat lagi). Kalo kost lo deket, minimal lo bisa jalan kaki. Kalo kost lo jauh, mendingan berdoa aja bisa terbang dan jodohnya cepat ketemu.

(Oh! Penting nih) Jangan lupa buat langsung mempelajarin akses kendaraan umum dari kostan lo. Mulai dari ojek, angkot, bus, becak, sampai getek. Mesti berapa kali naik kendaraan kalo mau ke kampus, dan tersedia sampe jam berapa. Walaupun lo bawa kendaraan sendiri, ada juga waktu-waktu lo telat banget dan ga ada waktu lagi buat cari parkir. Langsung juga pelajarin roads menuju ke sana (kalau bisa cari alternative roads sebanyak-banyaknya)

Selain itu, pas jamannya kuliah ini, hal yang paling berharga selain uang makan adalah jam tidur. Bandingin kalo kost lo jaraknya 30 menit dan kalo jaraknya cuman 10 menit. Selisih 20 menit itu bakalan jadi waktu snooze yang berharga banget. (Apalagi kalo ditambah dengan metode #MandiLimaMenit)

2.  Fasilitas
Biasanya tergantung harganya, fasilitas yang lo dapet beda-beda. Bisa lo cuman dapet jamban, bisa juga lo sampe dapet TV sendiri. Kira-kira yang umum ditemuin:

  • INTERNET
Ya, mungkin ini adalah fasilitas paling penting yang bisa disediakan oleh sebuah kost, tapi waktu pertama kali ngeliat kost, biasanya paling ga dicek, ...apalagi kalo udah ditipu dengan tulisan 'disediakan internet' atau semacamnya. Di jaman yang serba modern ini, info apa-apa bakalan lewat internet, termasuk yang berhubungan dengan akademis lo, sehingga bakalan bahaya kalo lo susah dapet akses internet. Nah terus yang biasanya jadi masalah apa kalo udah tersedia internet? lambat atau engga stabil. Internet lambat bakalan bikin lo lebih lama ngerjain tugas-tugas lo (padahal pake internet cepet aja bisa lama banget). Kalo internet yang cepet (atau lambat) tapi (/dan) engga stabil, itu adalah bentuk neraka dalam kehidupan sehari-hari. Percaya sama gue, jauh mendingan di-PHP-in sama gebetan daripada di-PHP-in sama internet. Kuncinya adalah: waktu hunting kost, bawalah laptop lo dan minta ngecek koneksi internetnya.

Buat yang ga dapet fasilitas internet gimana? Jangan khawatir, sekarang banyak kok modem-modem dan provider internet yang menawarkan kombinasi servis bagus, koneksi stabil, dan harga terjangkau. Biasanya sih kalo bingung, cari aja paket-paket yang menurut lo asik dan sesuai dengan kebutuhan lo. Jangan lupa juga waktu mau beli simcardnya, tanya dulu di daerah kost lo sinyalnya gimana.

  • Cuci baju
Ada yang harga bayarannya udah langsung termasuk jasa laundry kancut-kancut bau lo. Ada yang belum tapi menawarkan (biasanya ntar disuruh nambah sekitar 60-100ribu). Ada juga yang engga menawarkan sama sekali. Bakalan enak banget kalo lo ngekost udah dapet fasilitas cuci baju, yang biasanya maksimal 2 stel/hari. Bukannya bermaksud manja atau sebagainya, tapi menurut gue nyuci baju itu salah satu kegiatan paling makan waktu di dunia (walaupun dengan mesin cuci). Pertama ada nyucinya, terus ada bagian jemurnya, dan ada bagian gosoknya. Ga asik banget kalo tau-tau hujan dan lo harus ngacir kenceng dari rapat di kampus karena lo harus nyelamatin baju lo yang takut kehujanan.

Cuci bukan bagian dari fasilitas? Kalau lo mau nyuci baju banyak sendiri, itu asik banget, tp kalo lo mager dan banyak kerjaan, ada banyak jasa cuci kiloan (biasanya kalo di daerah kost mangkal banyak) sekarang yang biasanya jauh lebih wangi dari jasa laundry kost.

  • TV
Nah, biasanya ada juga yang nyediain fasilitas TV dalam kamar atau cuman jaringan TV kabelnya (TV bawa sendiri). Kalo lo emang tipe yang suka nonton TV, ya berarti carilah kost yang menyediakan. Bagi gue, TV dalam kamar itu kurang baik. Dari feng shui kurang baik (energi yang dikeluarin terlalu besar), terus kalo lo ketiduran sambil ada TV nyala, bisa masuk alam bawah sadar lo (contoh kalo lo nonton sinetron terus ketiduran, sifat mendramatisir secara berlebihan dan kekerasan bisa kebawa). Kata guru olah raga gue di kampus, "Kamar tidur cuman boleh dipake buat tidur dan seks". Lebih dari itu kamar ga bakalan maksimal jadi tempat istirahat. Udah cukup negatif kalau kamar lo dipake buat kerja pake laptop dan komputer, apalagi ditambah adanya TV.

Saran dari gue, kalo mau cari aja yang ada TV di ruang tengahnya dan ga usah pasang di kamar.


  • Kamar mandi
Kalau ini sih pasti dapet, soalnya kalau engga ya kali mau cari air terjun terdekat dulu. Cuman masalahnya sih biasanya kamar mandi dalem (kamar) atau kamar mandi luar. Biasanya memberikan perbedaan harga yang cukup besar. Untungnya kalo kamar mandi dalem itu sih lo engga harus gantian sama orang, atau ngantri di kala lo udah kebelet 'to deliver your shit' atau buru-buru mau mandi waktu telat kuliah. Tinggal koprol dari tempat tidur dan nyalain airnya. Kalau kamar mandi luar juga sebenernya mah selo bener, kalo lo ga mau ngantri, ya pagi-pagi aja sebelum temen-temen kostan yang lain pada bangun dari beauty sleepnya.  Though keuntungan dari ada kamar mandi dalem, lo bisa telanjang keluar masuk kamar mandi dan nari-nari dulu sambil pake baju.

Sama biasanya yang jadi pilihan itu WC jongkok atau duduk. Sama aja menurut gue, selama lo engga jongkok di WC duduk. WC duduk udah didesign sedemikian rupa untuk nerima tekanan secara merata, kalo lo duduk, WCnya bisa patah. Buat lo yang masih menganggap bakteri WC duduk itu banyak, masih lebih banyak di gagang pintu kamar mandinya. Oh, dan sekarang kan banyak sanitizer buat WC juga.

Terakhir kalau tentang kamar mandi itu dapet air panas atau engga. Ini juga tergantung lo enaknya gimana. Tapi jangan sampe kayak kostan gue yang terakhir, gue bayar buat air panas tapi ga pernah dapet, dengan alasan alatnya lagi rusak (tapi sampe gue pindah pun ga pernah dibenerin, pret.)

3. Posisi kamar
Cari yang dapet akses sinar matahari sebanyak-banyaknya. Terutama untuk orang yang suka berfotosintesis kayak gue, ini penting banget. Baik buat tubuh lo, dan ngebuat kamar lo engga lembab. Jangan sampai lo buka lemari dan lo nemu-nemu jamur di baju lo (dan ini bukan tipe jamur yang bisa dibisniskan). Biasanya kamar seperti lebih didapat di lantai yang lebih atas.

Untuk lo yang mageran, jangan khawatir! Setiap kost pasti ada lantai satu kok.

Posisi kamar juga biasanya menentukan sinyal Wifi yang didapet, sebisa mungkin sih cari kamar yang deket alatnya biar sinyalnya pertamax dan bukan premium. Untuk itu, seperti yang gue sempet bilang, bawa laptop saat hunting kostan itu penting juga buat ngetes ginian.

Jangan lupa juga liat sinyal HP lo waktu lo berada di kamar yang lo pilih. Temen gue, sebut saja inisialnya A-R-D-I, pindah kostan karena di kamarnya HP selalu pending jadi dia kalo mau smsan atau telfon harus keluar kamar dulu. Mau pindah kamar tapi udah penuh. Akhirnya, seminggu setelah dia pindah dari kostan itu, pemilik kost masang semacam signal amplifier.

4. Keamanan
Paling aman sih cari kostan yang ada pagernya (dan lo dapet kunci gemboknya). Terutama buat yang bawa kendaraan sendiri nih. Engga jarang ada mobil atau motor yang kecurian kan sekarang? Atau cari yang ada penjaganya 24 jam. Banyak kok yang sekarang kayak gitu. Pokoknya jangan sampe lo ga bisa tidur karena mikirin motor lo masih ada waktu lo bangun apa engga ya..

Jangan ketipu sama yang ada CCTVnya (seperti kost gue yang sebelumnya). Ah, itu mah bullshit. Ditinggal tidur sama yang jaga juga jadi ga ada bedanya. Ga bakalan berguna.

5. Peraturan kost
Nah, ini penting banget buat diperhatiin. Biasanya kost sampe ada peraturan tertulis yang mesti ditaati sama penghuni kostannya. Contoh:
  • Jam malam
Lebih banyak ada di kostan cewek biasanya, kalo lebih pulang dari jam malam yang ditentuin, maka lo ga bisa masuk (biasanya berkisar antara jam 10-12 malam). Ada temen gue yang akhirnya pindah dari kostnya karena adanya jam malam dan keterlambatan engga bisa ditolerir, padahal kalau belajar bareng kan suka sampe subuh atau kegiatan kampus banyak yang memakan waktu sampai tengah malam.. akibatnya harus nginep-nginep terus di kostan temen yang lain.
  • Pembayaran
Hati-hati banget tentang peraturan pembayaran. Jangan sampe lo dikick dari kost karena lo ga teliti tentang deadline pembayaran (iya, emang suka ada yang setega itu). Ada juga sih yang bisa lo rayu-rayu andaikan dikirim uang bulanannya agak telat dikit.

  • Tamu dan teman nginep
Biasanya peraturan paling strict berada di sini, bahkan biasanya menjadi satu-satunya peraturan tertulis yang ada di dalem kost. Jadi, untuk kalian yang suka melakukan hal-hal yang gimana gitu, seperti membawa kuda dalam kamar, tolong dicermati untuk kost-kost yang punya peraturan tentang beginian. Paling sering orang dikick dari kostan karena melanggar peraturan bagian ini. Ada juga sih kostan yang slow banget, yang kalau pun ada peraturannya, bisa dimanipulasi (biasanya ini untuk kostan yang cuman ada penjaganya (bukan pemilik)). Pernah dalam salah satu hunting kost yang dilakuin temen gue, penjaga kostnya bilang 'Kalau di sini, terserah kamu mau ngapain, yang penting bayarnya tepat waktu ;)'
Intinya, lo harus paham betul tentang apa kewajiban dan hak lo dalam suatu kost itu.

Palingan itu sih hal-hal yang menurut gue harus bener diperhatikan waktu nyari kostan. Take your time aja waktu nyari kost, tapi jangan kelamaan juga. Kost pertama itu biasanya yang paling sial karena lo nyarinya buru-buru takut ga dapet lagi. Jangan ketipu sama kata-kata 'Cepet aja ya, dek. Soalnya udah banyak yang ngantri juga nih.' Trik marketing doang itu mah.

Ingat selalu untuk nyesuai sama budget  yang dikasih sama siapapun yang bakalan bayarin kost lo itu. Jangan karena lo bisa dapet fasilitas enak banget, orang di rumah jadi lebih berat hidupnya. Yang penting, fasilitas yang ada bikin lo survive hidup di kota tempat lo kuliah. Kalau bingung suatu kostan itu harganya sesuai apa engga, ask yourself this, worth it atau engga harga segitu.

Jangan ketipu sama fasilitas-fasilitas yang engga penting, seperti gerbang yang bisa dibuka pake kartu. Waktu gue sama Arga lagi hunting kostan di daerah Cisitu, kita nemu kost yang dari depan agak legit gitu bentuknya. Pas ada orang mau masuk, dia cuman keluarin kartu terus dan nempelin ke suatu mesin.. 'click' gerbang pun kebuka. "GILAA GA INI KOSTAN KITA ABISS! Bayangin kita bisa gaya banget pas orang ngeliat kita masuk kost ini!" Ujung-ujungnya ternyata kostannya dalemnya engga bagus-bagus amat dan kalau gue masuk kostan, ga ada yang liat. Ya. gue adalah orang yang mudah ketipu sama fasilitas-fasilitas engga penting. It seemed legit at that time.

Punya temen sekostan itu penting banget. Kalau lo emang ga ada temen yang udah kenal di kostan lo, maka kenalan lah. Baik adanya kalo lo kasih kontak orang terdekat ke orang tua lo supaya kalo ada kenapa-kenapa, bisa minta tolong. Ingat cerita di kostan gue yang pertama? Itu salah satunya juga karena engga temen di kostannya yang sadar bahwa dia udah engga keluar kamar selama 3 hari. Yes, that important.

Lastly, kenapa sih harus repot-repot amat milih kostan? Kuliah udah berat (minimal secara akademisnya), jangan sampe kostan yang mestinya tempat lo istirahat, memberatkan lo juga.

#QuestionOfTheDay sebenernya yang bener itu kos atau kost sih?

Ada yang mau ditambahin? Atau cerita hal aneh tentang kostan lo (sekarang maupun dulu?) Feel free to comment and don't forget to BEND IT LIKE A BANANA




13 comments:

  1. Ya bener, gue milih kostan juga gitu.

    tp sampe sekarang wifi kostan gue belum di pasang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha semangat mempersuasi pemilik kost untuk pasaang :D tapi kalo internet kabel ada kan?

      Delete
  2. Kost-an gue lengkap! Ahahaha... wifi penting? Bener banget! Terbukti gue make tiap hari. Karena cuma tiga kamar, jaringannya juga kencang luar binasa :D

    ReplyDelete
  3. gue nggak nge-kost tapi suka numpang nge-kost di tempat temen yang nge-kost... jadi ya suka dukanya juga terasa.

    btw, nggak ngejlimet kan bacanya ? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha nge-kost aja biar deket kampus!

      Delete
  4. aaah aku nih kak mahasiswa baru *kipas2 KTM* , semoga aja kostan aku besok membetahkaaaaan yeaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuihh goodluck yah! Makanya hunting dari jauh-jauh hari aja :)

      Delete
  5. Gue baru tau ribetnya jadi anak kostan setelah baca postingan ini :)) FYI aja, kalo dijakarta cari kos yang lengkap kayak gitu? sangat merogoh kocek yang cukup besar -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang ternyata ga sesimpel hidup di rumah ya, hahaha.. mm iya bener, harga kostan juga tentunya tergantung daerah juga, Bandung sama Jatinangor aja beda banget, apalagi sama Jakarta ya

      Delete
  6. Jadi inget waktu ngekost pas SMA. Sekarang kuliah malahga ngekost lagi hahaha..
    Ada lagi nih yang penting, makanan murah di sekitar kost. Maklum lah anak kost perhitungannya kudu ekstra irit. Untung di kost gue dulu bisa pesen makan di bapaknya kost. Bayarnya boleh belakangan lagi. Mantep bener dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya! Lupa gue masukin tentang pemilihan kostan juga harus ngeliat penjual makanan di sekitar

      Delete
  7. Apaaa kevinnsaru blog anehnya masi ada ajaa? wkwkwkwk!
    Gmn kabar?

    ReplyDelete

The Good Ones, be part of them!