Thursday, June 27, 2013

Yuk, Mandi!


IH! KAMU! Pasti kamu belom mandi! Kalo lo belom mandi, gue kasih waktu 5 menit buat mandi ya..

KOK CUMAN 5 MENIT? Itu nyuruh mandi atau masak pop mie?

Lho… biasanya emang lo mandi berapa lama?

Ya.. seperti rata-rata orang yang memiliki akses air bersih aja sih, 10-15 menit MINIMAL.

Oh yaoloh.. ini lebih parah daripada yang gue semedikan selama ini.

APA SIH YANG LAGI TERJADI DI SINI? DAN ITU ADA VIDEO APA DI BAWAH KENAPA GUE PENGEN NONTON! AAAHHH

(eh, kalo ga muncul videonya, langsung hajar ke bit.ly/YukMandi )


Vin.. omaigat… plis jelasin.



Masih bingung? Atau emang cuman terkagum-kagum aja sama orang yang lagi barbelan di video?

Jadi, sekitar 2 minggu lalu, gue yang lagi ikut diklat (pendidikan dan latihan) di kampus ITB gue, dengan tujuan penyambutan maba (mangsa mahasiswa baru). Nama acaranya OSKM ITB dengan tema kearifan lokal dan taglinenya “Untuk Indonesia!” Dibilang tagline “Untuk Indonesia” soalnya lo mau ngapain aja, kalo belakangnya ditambahin “Untuk Indonesia”, maka apapun itu bakal jadi (kesannya) keren dan mulia banget.

“Bro bro.. Mau ke mana lo bro…?”

“Gue.. mau makan sebentar, UNTUK INDONESIA!”

“KYA KYAAAH”

Ya, semacem itulah.

Terus hubungan acara kampus lo sama hidup gue yang indah ini apa, Vin?

Sabar njir. Nah, salah satu tugasnya adalah membuat sebuah kampanye Cinta Indonesia, dan kelompok gue pikir, salah satu bentuk mencintai Indonesia yang nyata adalah secara konkret menghargai natural resources yang ada, dalam kasus ini: air bersih. I  mean, mencintai lingkungan hidup di Indonesia adalah bentuk mencintai Indonesia, bukan?

TAPI BUKAN ITU YANG PENTING! Kelompok gue yang isinya iblis-iblis ganesha itu serius banget ngerjain kampanye ini dan pada akhirnya, ini bukan sekedar tugas lagi yang dikasih sama kakak-kakak pendiklat. This is a real campaign.

Kenapa topik ini yang gue usulin ke temen-temen gue? [FLASHBACK] Gue inget banget jaman-jamannya gue masih SMP dan tinggal di rumah yang isinya ber-9 tapi kamar mandinya cuman 2. Ya berarti 1 kamar mandi itu 4,5 orang. Kalo sampe bangun telat dan kebagian gue di belakang kakak/adik gue yang cewek atau emak gue.. BEUH. Bisa sampe ketiduran lagi depan pintu kamar mandi. Rasanya kayak momen-momen mau pulang sekolah, lamaaaaa banget. Terus kalo gue pengen deliver my shit, itu nyiksa bet. Lebih nyiksa daripada lupa boker sebelom lo naik travel Jakarta-Bandung. Dan dari situ gue yakin kalo mandi lama itu ga baik.

[BALIK KE TIMELINE SESUNGGUHNYA] Ye elah, Vin. Orang air di bumi ini banyak. Kenapa sih harus hemat air?

Well, yang pertama.. air di bumi ini emang banyak, tapi cuman 3 % cuy air tawarnya, sisanya air laut yang untuk mengambil kandungan dari garamnya butuh duit gede banget. Jadi, emang kita ga bakal kehabisan air, tapi kita bakalan ngurangin persediaan air tawar dari danau, sungai, dan air yang di bawah tanah.

Yang kedua, hemat duit bro! hemat air = hemat duit. gila, lo hematnya bisa abis-abisan. Duit yang biasanya ‘kebuang’ dengan lo mandi lama banget, jadi bisa lo pake buat beli minum-minuman yang bersahaja dan tetek bengek lainnya. Mungkin kalo lo bukan yang bayar bill rumah kalian, ga kerasa, tapi coba teknik ini di rumah lo bareng keluarga lo dan lihat perbedaan yang lo bawa ke rumah. Kali-kali uang jajan ditambahin sebagai kompensasi kebaikan lo terhadap ekonomi rumah tangga.

Ketiga, produktivitas. HEMAT WAKTU CUYY! Buat lo-lo yang suka begadang padahal paginya harus sekolah/kampus/kerja, berapa waktu tambahan yang lo dapet karena lo hemat waktu mandi lo? Gue jadi dapet extra 5 menit waktu yang berharga banget karena gue ngecut mandi gue jadi 5 menit doang dari yang tadinya 10 menit. Bayangin kagetnya gue waktu denger temen gue yang kalo mandi ada sampe 30 menit! Men, itu bisa nonton 1 episode How I Met Your Mother dan ada sisa waktu 10 menit bahkan. Betapa berharganya 25 menit tambahan untuk produktivitas lo sehari-sehari.

Terakhir, banyak masyarakat Indonesia yang mandi di air yang sama tempat dia pup, tapi kamu mandi buang-buang air?

Oke, Vin! Tapi, rasanya agak imposibru deh mandi 5 menit..

PLIS! Mandi-5-Menit-Doang-Biar-Cihuy ini sudah lumayan menjadi ‘trend’ di banyak negara di luar sana, contohnya Singapore. Masa kita yang negara dengan perairan paling banyak di dunia bahkan ga bisa mengelola air yang kita pake buat mandi? Teknik ini juga dipake sama US Navy yang harus menghemat persediaan air bersih di atas kapal laut. Bahkan, kalo lo adalah cewek yang rambutnya panjang kayak meteran penjait, lo tetep bisa, karena ini sudah secara nyata di tes sama temen-temen cewek gue yang rambut di bagian itunya panjang… ….di bagian kepala maksudnya. Dan mereka mengaku dan terbukti tidak ada noda yang membandel :P BISA KOK BISA. Dicoba deh!

Tips-tips tambahan:
11. Cara paling gampang mandi 5 menit : Langsung bahasin semua bagian tubuh lo -> Matiin air -> sabunan dan sampoan -> nyalain air dan bilas semua. Done. Simpel kan? Sebenernya yang bikin lama pas mandi itu kita cenderung melakukan hal-hal yang ga penting kayak meratapi nasib atau ngafalin lirik lagunya Miley Cyrus yang baru.
22. Kalo shower lo harus nunggu bentar biar airnya pas, tampung dulu air yang agak kebuang itu di ember
33. Pake timer! Tau ga sih lo timer emak lo yang di pake di dapur? Pake tuh! Atau teknologi di gadget lo bisa banget dimanfaatin!
44. Kalo lo emang dasarnya mandi pake ember dan gayung? Kan daritadi gue sebenernya lebih ngarah ke shower. Nah, tetep, sehematnya ya! Kalo emang udah bersih ya... ga usah siram-siram lagi.
55. Kalo lo sukanya mandi pake bath tub? Nah ini yang biasanya pake air berlebihan. Coba deh airnya jangan penuh-penuh isinya
66. Terus kalo sikat gigi, jangan biarin airnya keran ngocor, pake gelas.
77. Buat kalian yang (mudah-mudahan) udah (mencoba menjadi) cukup gede, trik yang fun tapi tetep ampuh : mandi bareng kecengan.


See? Segampang itu loh buat bikin perubahan ke dunia yang kita tempatin ini dan bakalan ditempatin sama anak-anak kita. Kita sekarang rebutan minyak aja ribut, bayangin kalo sampe anak-anak kita nanti mesti rebutan air bersih.

Yuk, Mandi… lebih cepat :)

super thanks buat kelompok 59 OSKM ITB yang udah bareng-bareng bikin kampanye ini! Bangga bet sama kalian

Feel free to comment (share dong pengalaman lo waktu udah nyoba Mandi-5-Menit) and don’t forget to BEND IT LIKE A BANANA!

Sumber data:

3 comments:

  1. ada cara lebih cepat lagi, yaitu dengan teknik BSB (Byurr Sabunan Byurr), lebih singkat dari 5 menit dan lebih hemat air yg disiramkan (hanya butuh 2 gayung air) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah gila, teknik pemungkas banget tuh! Byurr Sabunan Byurr

      Delete
    2. btw hati-hati nanti masih ada sabun nempel di pantat

      Delete

The Good Ones, be part of them!