Friday, October 29, 2010

Panduan Finansial Remaja Pas-Pasan ke Bawah

HELLO! another day, another motha fuckin storeeh

weeeh gila ya, udah 2 bulan 27 hari gue engga ngepost di blog yang (katanya) awesome ini. berarti gue udah menghabiskan waktu  2.136 jam atau 7.689.600 detik engga menghasilkan sesuatu buat lo baca. damn. 5W1H, pertanyaannya adalah WHYYYYY?! jawaban gue sih sebenernya simpel : ceritanya panjang bro.

Moving on! keterbatasan "kertas bertuliskan angka" itu emg jadi masalah berat buat remaja, terutama kalangan anak-anak SMP - SMA. kalo SD mah jajanan masih murah, 5rb kenyang.. nah dalam 2 bulan 27 hari ini, gue emg lagi ngalamin yang namanya seret diantara seret. kalo seret bisa lebih seret, nah itu keadaan gue.. 5W1H, pertanyaannya adalah WHYYYYY?! jawaban gue sih sebenernya simpel : ceritanya panjang bro.

nah sebagai makhluk halus sosial, kita harus bisa beradaptasi (seperti layaknya bunglon dan cicak) dalam keadaan gimana pun.. misalkan : di saat ada setan, kita harus bisa lari sambil kayang. kita (KITA?) ga bisa ketemu setan (misalkan : setan cupacup) terus ngomong, "hey yow cong! mamen gila cong! tos dulu cong! #awkwardmoment " nah sama kasusnya kayak keadaan kere, hidup mewah saat kita kere bukanlah solusinya..

VIN LAMA LU

OK! langsung!

ok secara general, ada beberapa alasan-alasan kenapa kita susah untuk keluarin duit yang sebenernya susah dibedain oleh tubuh mata telanjang
  1. emg pada dasarnya ga punya duit --> saat lo buka dompet terus udh berdebu, jamuran dan penuh dengan sarang laba-laba
  2. emg lo tuh pelit! --> kalo lo laper, lo punya duit 100rb, dan harga jajanan yg bikin kenyang cuman 500 perak, lo tetep ga mau ngeluarin duit
  3. emg dari kecil lu hemat --> kalo lo inget-inget, seblom tidur, emak lu selalu ngomong "sayang.. inget ya.. kamu harus hemat.. sayang pohon (the fuck?)"
alasan apa yang lo gunakan sehingga merasa layak membaca post ini? sebenernya guide ini sih lebih untuk nomer 1, nomer 3 ya boleh lah (mungkin lo agak bingung untuk menerapkan apa yang diajarkan emak lu. kalo nomer 2, inilah pesen gue buat lo : Go To Hell (baca : hati-hati saat menyebrang)

1. TRANSPORTASI
oke ini masalah banget lho untuk dompet kita. soalnya kita emg butuh transportasi nyeeet. masa lu ga pulang. (kecuali lu anak yang dijemput naik delman) apa solusinya? bus. kotak besar berjalan. kenapa? soalnya harganya jauh dekat cuman seceng-2rb ahuahaha misalkan lu naik ojek atau taksi, rata-rata harganya 25 rb - 45 rb. sekilas sih yasudahlah tapi kalo lo itung-itung : 25 rb (paling murah) dikali misalkan 5 hari lo harus pulang = 125 ribu seminggu bandingkan dengan 1000 (paling murah) dikali 5 = GOCENG.

kalo pake Transjakarta gimana? tau ah gelap. yea enggalah. boleh sih. lebih nyaman dikit tapi juga lebih mahal dikit. tapi ga tau kenapa ya, umumnya busway lebih rame daripada bus biasa

oh iya, untuk masalah kendaraan pribadi, soal bensin, jauh mending motor lah. motor tuh mentok-mentok,
25-50rb seminggu sedangkan mobil bisa 50rb/hari

kalo lo kreatif, lo bisa berinovasi sendiri cuuy, misalkan : memanfaatkan ujan deres dan banjir Jakarta untuk naik Jetski atau speedboat
tips : inget tulisan-tulisan "Pakailah uang pas" ? itu sebaiknya diikuti, karna biasanya lo yang rugi, : misalkan lo ngasih duit 100rb, bisa-bisa cuman dibalikin goceng. kalo lo minta lebih langsung digebukin #EnggakSelebayItuJuga

2. MAKANAN
isu makanan juga salah satu oknum yang disalahgunakan orang-orang tua untuk memeras anak kecil. masa cupa cup 15rb!! (ini mah salah liat harga). nah, apakah anda masih mengenakan seragam? maka bekal adalah teman terbaik anda. anda kenyang tanpa harus mengeluarkan uang jajan anda sendiri (yang diperas adalah orang tua). uu yeah. jangan malu untuk dikata anak bekal, karena biasanya merekalah yang ganteng dan yang cantik (dan yang pelit)

bosen bekel lo itu-itu aja? gapapa. ada step-step (apaan sih sok step up 3D banget) buat makanan lo sehari-hari jadi menarik (u yeah thanks vin)
  1. pada umumnya di suatu sekolah ada 2 kali istirahat, maka gunakan istirahat yang pertama untuk melakukan ini
  2. bawa dari rumah cukup nasi aja.. tapi kalo mau bawa lauk juga boleh (akan berguna di beberapa step kemudian)
  3. cari satu lorong yang berisi anak-anak sedang makan dengan muka bahagia
  4. datang ke mereka dengan muka melas atau muka bahagia yang sopan
  5. say the magic word "hey (berikan pujian seperti : cantik atau ganteng) bagi lauknya dikit doong!"
  6. (di sinilah lauk kita bekerja dengan ajaib) kalo misalkan mereka pelit, blg aja "yaudah tuker lauk lo sama lauk gue yang super enak (sampe-sampe bikin gue super eneg) ini deh"
  7. untuk lebih berhasil, lakukanlah #SpeakSpeakRemaja --> "iya nih.. di rumah gue adanya ginian mulu.. bosen gue..." semacam itulah
 3. PULSA
u yeah. salah satu motto remaja adalah "HP GUE NYAWA GUE" tapi hp tanpa pulsa itu bagaikan pelangi tanpa warna (taee mana ada) atau bagaikan mobil tanpa roda dan tanpa rem. eniweis.. karna sekarang lagi kebanyakan orang pake BlackBerak, bukan cuman pulsa biasa yang butuh, tapi pulsa internetan yang super mahal itu juga butuh. nah ini sih pilihan lo aja. mana yang menurut lo lebih efisien (karna dalam Hukum Penghematan --> yang akan dibahas lebih lanjut, efisiensi diutamakan). kalo gue sih lebih milih pulsa biasa yang diutamain

yap untuk sementara, menurut gue 3 aspek itu yang layak dibahas.. apa menurut lo masih ada yang secara besar mempengaruhi dompet? feel free to comment

EXTRAS!
tadi kan sempet-sempet tuh ada dikata Hukum Penghematan? apaan aja tuh nyeet?

Hukum Penghematan / Hukum Kepelitan / Hukum VinTeng

1. Utamakan Efiensi
2. Hindari Negosiasi

30/12/10
HOOOY! tau-tau gue dapet sesuatu yang sebenernya paling penting dalam Hukum Penghematan :

JANGAN GUNAKAN UANGMU SENDIRI

jangan lupa untuk : BEND IT LIKE A BANANA

1 comment:

  1. wooo....
    lama ga muncul...
    ternyata kere..
    hahaha

    btw visit blog baru gw....

    http://pocongnangkring.blogspot.com

    ReplyDelete

The Good Ones, be part of them!