Monday, August 2, 2010

Penyalahgunaan bahasa lokal di negeri import

HELLO!! another day another story

buat kalian yang pernah ke luar negeri (terutama sama temen-temen aja) mungkin pernah ngerasain apa yang bakal gue ceritain. buat kalian yang pernah baca KambingJantan juga mungkin ngerti apa yang bakal gue omongin sekarang.
Vin lu tuh ngomong apa sih?
ok jadi kalo kita keluar negeri, salah satu hal yang bisa "dituker" itu bahasa. dituker? dituker apaan? jadi yang bisa kita share itu bahasa kita. bule tuh sering banget minta diajarin bahasa Indonesia. ya sekedar pengen tau aja gitu. terus kita (KITA?) sebagai orang Indonesia lah yg jadi guru mereka bedeeeuuuh biar kata cuman lulus SD, ya dikit-dikit can-can lah..

lalu. ada 4 tipe pengajar dadakan bahasa :
  1. pengajar bahasa yang baik dan benar sesuai EYD. contoh yang diajarin : aku cinta kamu, nama saya Kevin
  2. pengajar bahasa brengsek dan g sopan-sopan amat. contoh yang diajarin : ng*****, t**, k*****
  3. pengajar bahasa yang baik dan benar sesuai KTP tapi kalo bulenya minta diajarin yang aneh-aneh ya ngajarin.
  4. pengajar bahasa yang (ngakunya) baik dan benar sesuai passport tapi taunya brengsek ajubilah. contoh : "What is I Love You in Bahasa?" "oh.. it's saya suka mencret"
 gue itu (kayaknya) termasuk yang tipe 3.. tapi sayangnya.. banyak bule yang tipe 4. ini cerita gue waktu di Brasil dengan bule-bule temen gue yang ternyata serigala berbulu ayam (lho?)
  • Gue : Hey Pedro! Teach me Portuguese!
  • Pedro : Later..
  • Tim : Here let me teach you. What do you wanna know?
lu ampe sini ngerti kagak? gue pake bahasa Indonesia aje ya
  • Gue : Bang! Sate ayam 2 Woi Pedro! Ajarain bahasa Portugis dooooong
  • Pedro : Ntaran aje
  • Tim : Sini dah gue aja yang ngajarin. Lu mau tau kata-kata apaan?
  • Gue : Apa aja deh asalkan mamen dan keren (dan gampang diinget)
  • Tim : okok gue mah tau banyak. Nih baca kata-kata ini
  • Gue : Apaan nih artinya?
  • Tim : Saya ganteng
  • Gue : bedeuuuh mamen! gue banget nih. bisa sering gue pake
  • Tim : udeh baca aja
  • Gue : ehem... Eu so viado (dengan gaya bangga dan jijay layaknya monyet baca puisi)
  • Pedro : BUAKAKAKAKAK
  • Tim : hehehe
anjreeeet pasti gue dikerjain nih
  • Gue : eh pentil kuda! artinya apaan?
  • Tim : um... saya ganteng
  • Gue : boong taee
  • Pedro : vin.. itu artinya "Saya Gay" dan lo dengan begonya ngomong pake gaya jijay jelabay kiplay bangga gitu.. gmana gue g ngakak
  • Gue : sialan.. gue gatrak luuu
yak itulah pengalaman gue dikerjain monyet-monyet rabies.. tapi tunggu ADA LAGI CERITA... BACA TERUS DOOOONG

ok karna kite (KITE? itu mah layangan) bahasa, bule dan BH (lho?).. yang gue paling seneng dari kalo pergi ke luar negeri adalah mereka (produk import) g ngerti apa yang kita (produk lokal gagal) omongin. lo bisa dengan puas ngata-ngatain orang. oke terkadang gue tau ini (agak) salah (dikit) tapi INI TERLALU SERU apalagi untuk monyet iseng kayak gue. contoh yee:
  • (orang g berdosa lewat) APA LU LIAT-LIAT?
  • (orang botak ngobrol dikit) APAAN SIH SI BOTAK NGEBACOT AJA
ada juga pengalaman gue sama si Pedro.
  • Gue : P, muke lu mirip mencret
  • Pedro : i'm sorry.. what?
  • Gue : oh i'm sorry, i forgot to speak in English. i was asking, do you like the food?
yak sekian tentang bahasa dan kawan-kawannya. Ibu Retno, guru bahasa Indonesiaku yang tersayang, maaf aku telah menyalahgunakan ajaranmu yang seperti dewa itu..

BREAKING NEWS!

eh gila neeeh... gue lagi nyari banget kerja sama bareng Illustrator.. ada yang berminat g? soal penghasilan bisa dinego dengan kesadaran kalo gue cuman anak 1 SMA dengan kebutuhan banyak.. gue butuh Illustrator untuk ya gambar-gambar dikit lah.. biar post-post makin enak dibaca seperti enaknya makan nachos.. ini bukan pekerjaan serius kok.. cuman sekedar side job aja.. kalo emg minat, comment aja ya, nanti kita bicara lebih lanjut.. mantap mamen!

ya untuk hari ini gitu aja kali ya.. feel free to comment dan jangan lupa untuk BEND IT LIKE A BANANA

No comments:

Post a Comment

The Good Ones, be part of them!